Kamis, 14 April 2011

Ilmu Budaya Dasar dan Kaitannya dengan Lingkungan

Kamis, 14 April 2011
Halloo, sekali lagi tulisan ini saya posting untuk memenuhi nilai mata kuliah IBD saya hehe. Kata Pepatah, sambil menyelam, mancing ikan *hmmm salah pepatahnya -,- tulisan ini saya buat selain mencari nilai juga sembari berbagi pemikiran dengan teman teman :D Langsung aja ya read this more

Ilmu budaya dasar. Hmm menurut teman teman yang baca tulisan ini ilmu budaya dasar itu apa ya? Kalau saya cermati, saya berpendapat bahwa ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mengajari kita tentang tatanan hidup dasar untuk melestarikan dan menjaga budaya yang telah ada dari zaman dahulu. Disamping itu kita dituntut untuk terus memelihara budaya yang kita punya agar tidak termakan waktu ataupun berubah karena masuknya budaya yang lain nya.

Lalu Tujuan dari ilmu budaya dasar tersebut adalah sebagai penajam kepekaan kita terhadap lingkungan dan budaya di sekitar kita, membentuk karakter diri untuk menjadi pemimpin, memperluas sudut pandang pemikiran kita serta mampu berbicara di depan khalayk umum untuk mengajak dan mempengaruhi di segala kalangan umur.

Sebagai seorang manusia yang kodratnya adalah mahluk sosial, kita patut mempunyai dasar pengetahuan dalam bersosialisasi dengan lingkungan disekitar kita agar kita bisa hidup berdampingan dengan baik. faktor inilah yang menurut saya menjadi awal mulanya ada budaya didalam suatu kelompok masyarakat. Mereka menciptakan sesuatu yang bisa membuat mereka menjalin kesatuan didalam kehidupannya. Budaya itu sendiri pastilah suatu kesepakatan bersama dari penciptanya, berdasarkan nilai, norma dan moral yang positif yang beredar di masyrakat itu.

Budaya yang baik tentulah melahirkan sikap dan perilaku yang baik pula kepada generasi penerusnya di masa yang akan datang. sedangkan budaya yang buruk tercipta dari ulah seseorang/sebagian kelompok yang menenntang nilai nilai positif yang terkandung dalam masyarakat itu. mereka ingin menciptakan aturannya sendiri yang berkebalikan dengan aturan yang sudah tersusun walaupun tidak resmi.

Contoh budaya baik yang ada adalah, seorang ibu mengajari anaknya agar menyisihkan uang sakunya kepada pengemis dijalanan. Hal ini membuktikan budaya tolong menolong telah diajarkan kepada si anak agar nantinya ia dapat menolong orang lain dalam konteks yg lebih besar, karena sesungguhnya tolong menolong itu suatu kewajiban bukan sekedar cerminan kebaikan semata. Apabila budaya baik terus diwarisi otomatis masyarakat akan hidup rukun damai dan tentram .

Tidak seperti sekarang, sebagian bangsa Indonesia selalu saja membuat onar, baik dalam lingkung nonformal seperti kericuhan supporter dalam pertandingan sepak bola sampai lingkup formal yang diberitakan bahwa sidang DPR terjadi kisruh yang dilakukan oleh pejabat rakyat sendiri. sampai kapankah bangsa ini akan terus bergulat dengan kebudayaannya yang semakin mundur dan tenggelam. kapankah kita terbangung dari tidur yang membutakan kita akan indahnya hidup bila bersama. ayo kita rubah semuanya agar bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan disegani negara lain dengan memperbaiki budaya yang telah rusak ini. kita pasti bisa ! Bangkit demi INDONESIA!

ok, sekian tulisan saya kali ini. apabila ada kritik dan saran mohon hubungi saya untuk kesempurnaan tulisan saya berikutnya. Kesempurnaan hanyalah milik tuhan, saya hanya ingin mendekati sempurna walaupun saya tahu manusia tidak akan pernah sempurna. Lain kali mampir lagi ya ditulisan saya yang lain :D

0 komentar:

Posting Komentar