Rabu, 27 Oktober 2010

Pengertian IQ, EQ, SQ dan RQ

Rabu, 27 Oktober 2010

Assalammualaikum Wr.Wb
Halo semua, masih dengan tulisan untuk memenuhi tugas mata kuliah soft skill ni.
kali ini saya akan sedikit menerangkan tentang pengertian dari IQ, EQ, RQ, dan SQ.
-Apa itu IQ?
Intelligence Quotient atau yang biasa disebut dengan IQ merupakan istilah dari pengelompokan kecerdasan manusia yang pertama kali diperkenalkan oleh Alferd Binet, ahli psikologi dari Perancis pada awal abad ke-20.
IQ atau daya tangkap ini dianggap takkan berubah sampai seseorang dewasa, kecuali bila ada sebab kemunduran fungsi otak seperti penuaan dan kecelakaan. IQ yang tinggi memudahkan seorang murid belajar dan memahami berbagai ilmu.
Rumus kecerdasan umum, atau IQ yang ditetapkan oleh para ilmuwan adalah :
Usia Mental Anak: Usia Sesungguhnya*100=IQ
TINGKAT KECERDASAN IQ
Genius Di atas 140
Sangat Super 120 - 140
Super 110 - 120
Normal 90 -110
Bodoh 80 - 90
Perbatasan 70 - 80
Moron / Dungu 50 - 70
Imbecile 25-50
Idiot 0 - 25
-Apa itu EQ?
Emotional Intelligence atau Kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu untuk mengenal emosi diri sendiri, emosi orang lain, memotivasi diri sendiri, dan mengelola dengan baik emosi pada diri sendiri dalam berhubungan dengan orang lain (Golleman, 1999). Emosi adalah perasaan yang dialami individu sebagai reaksi terhadap rangsang yang berasal dari dirinya sendiri maupun dari orang lain. Emosi tersebut beragam, namun dapat dikelompokkan kedalam kategori emosi seperti; marah, takut, sedih, gembira, kasih sayang dan takjub (Santrock, 1994).
Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengendalikan emosinya saat menghadapi situasi yang menyenangkan maupun menyakitkan.Di samping itu, kecerdasan emosional mengajarkan tentang integritas kejujuran komitmen, visi, kreatifitas, ketahanan mental kebijaksanaan dan penguasaan diri. Oleh karena itu EQ mengajarkan bagaimana manusia bersikap terhadap dirinya (intra personal) seperti self awamess (percaya diri), self motivation (memotivasi diri), self regulation (mengatur diri), dan terhadap orang lain (interpersonal) seperti empathy, kemampuan memahami orang lain dan social
-Apa itu RQ?
Religous Quatation adalah Kecerdasan seseorang dalam menjalankan perintah agama dari tuhannya.Tingkay RQ dapat diukur dari seberapa sering dia menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Disini sesorang akan dinilai oleh tuhan dalam memenuhi perintah yang telah diserukan kepada umat manusia. 
Intinya, RQ adalah kecerdasan yang sudah ada dan pertama kali saat kita lahir ke dunia bahkan sewaktu masih ada di alam barzah.
-Apa itu SQ?
Spritual Quotiens SQ adalah inti dari segala intelejensia. Kecerdasan ini digunakan untuk menyelesaikan masalah kaidah dan nilai-nilai spiritual. Dengan adanya kecerdasan ini, akan membawa seseorang untuk mencapai kebahagiaan hakikinya. Karena adanya kepercayaan di dalam dirinya, dan juga bisa melihat apa potensi dalam dirinya. Karena setiap manusia pasti mempunyai kelebihan dan juga ada kekurangannya. Intinya, bagaimana kita bisa melihat hal itu. Intelejensia spiritual membawa seseorang untuk dapat menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga, dan tentu saja dengan Sang Maha Pencipta.
Kecerdasan spiritual ini adalah kecerdasan yang mengangkat fungsi jiwa sebagai perangkat internal diri yang memiliki kemampuan dan kepekaan dalam melihat makna yang ada di balik kenyataan apa adanya ini. Kecerdasan ini bukan kecerdasan agama dalam versi yang dibatasi oleh kepentingan-pengertian manusia dan sudah menjadi terkapling-kapling sedemikian rupa. Kecerdasan spiritual lebih berurusan dengan pencerahan jiwa. Orang yang ber-SQ tinggi mampu memaknai penderitaan hidup dengan memberi makna positif pada setiap peristiwa, masalah, bahkan penderitaan yang dialaminya. Dengan memberi makna yang positif itu, ia mampu membangkitkan jiwanya dan melakukan perbuatan dan tindakan yang positif.
Sekian pembahasan saya tentang IQ, EQ, RQ, dan SQ. semoga dapat bermanfaat bagi semua. Wassalammualaikum Wr.Wb.
Sumber : http://4gus3.blogspot.com/2009/05/pengertian-atau-definisi-dari-iq-eq-dan.html

3 komentar:

Diny Fahmila mengatakan...

Kita juga mempunyai jurnal mengenai Kecerdasan Emosional, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1140/1/10506146.pdf
Semoga bermanfaat!

devika khan mengatakan...

Informasinya bermanfaat :)

e4given mengatakan...

"Q" adalah singkatan dari Quotient, maka EQ adalah Emotional Quotient juga pada RQ dan SQ. Quotient diperoleh dari sebuah perbandingan dengan sesuatu yang baku (angka tentunya). Jadi penggunaan SQ atau Q-Q yang lain sebaiknya berdasarkan terminologi Quotient, yaitu berupa angka/nilai pembanding. Berbeda bila yang dibahas adalah kecerdasan emosi, spiritual dll, yang terjemahannya adalah intelligence dalam bahasa lain. Salaam

Poskan Komentar